Asam Urat

Penyebab Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh berlebihnya kadar asam urat yang ada didalam tubuh. Hal ini terjadi karena kita tidak mengontrol pola makan kita, dan membiarkan tubuh mengkonsumsi banyak purin.

Kelebihan asam urat inilah yang kemudian menjadi kristal asam urat dan menumpuk dibagian sendi serta jaringan yang lain.

Lalu, apa penyebab utama yang membuat kadar asam urat menjadi berlebih didalam tubuh kita? Berikut kami paparkan delapan faktor utama penyebab asam urat yang harus Anda ketahui.

Makanan Berkadar Purin Tinggi

penyebab asam urat

Image via https://www.pexels.com

Makanan seperti seafood, jeroan, dan daging diketahui memiliki kadar purin yang sangat tinggi.

Makan-makanan ini akan dengan mudah meningkatkan kadar asam urat didalam tubuh, sehingga jika sudah tidak mampu lagi dikeluarkan oleh ginjal, maka akan terjadi penumpukan kristal asam urat di persendian dan jaringan.

Hiperuricemia atau kadar asam urat yang melebihi normal, mengakibatkan konsentrasi asam urat didalam darah menjadi sangat jenuh sehingga akan merubah bentuknya menjadi kristal.

Hiperuricemia terjadi saat kadar asam urat didalam tubuh meningkat drastis atau saat daya buang asam urat yang dilakukan oleh ginjal menurun/berkurang.

Hal tersebut biasa terjadi pada para penderita gangguan fungsi ginjal yang mengakibatkan sistem pembuangan urin menjadi tidak lancar atau tidak normal.

Berdasarkan faktor penyebabnya, hiperuricemia dikelompokan menjadi tiga, yaitu:

Hiperuricemia Primer

Hiperuricemia primer adalah hiperuricemia yang disebabakan oleh adanya kelainan molekuler sehingga mengakibatkan percapatan pembentukan asam urat hingga 10%-20% dan dibarengi dengan menurunnya laju pembuangan asam urat melalui ginjal hingga 80%-90%.

Hiperuricemia jenis ini biasanya disebabkan oleh beberapa kelainan genetik seperti,

  1. Meningkatnya aktivitas enzim Phosporibosylpyro-phospate (PRPP) yang akan menyebabkan pembentukan nukleotida purin mengalami peningkatan, yang berakibat pada meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh.
  2. Kekurangan/defisiensi enzim Hypoxanthine Phosporibosyl-transferase (HPRT) yang menyebabkan Hypoxanthine tidak bisa diubah menjadi nukleotida purin sehingga terjadi peningkatan oksidasi Hypoxanthine menjadi asam urat.
  3. Adanya kasus khusus berupa kelainan enzim yang biasa dialami oleh para penderita gangguan fungsi ginjal.

Hiperuricemia Idiopatik

Hiperuricemia idiopatik adalah kasus hiperuricemia yang tidak diketahui secara pasti apa penyebab atau faktor pemicunya.

Hiperuricemia Sekunder

Hiperuricemia sekunder adalah hiperuricemia yang disebabkan karena mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

Dehidrasi Dan Gangguan Fungsi Ginjal

Sebagaimana kita ketahui, dehidrasi bisa mengakibatkan gangguan pada fungsi ginjal. Sehingga proses pengeluaran asam urat melalui urin juga menjadi terganggu sehingga terjadi penumpukan kristal asam urat didalam tubuh.

Jadi, tidak bisa dihindari lagi jika para penderita gangguan fungsi ginjal akan lebih rentan terserang penyakit asam urat ini.

Oleh sebab itu, usahakan agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi dengan mengkonsumsi air putih atau air mineral setidaknya 10 gelas per harinya.

Minum-Minuman Beralkohol

penyebab asam urat

Image via https://www.pexels.com

Minuman beralkohol juga sangat berpotensi meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Selain itu, mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang juga akan merusak fungsi ginjal.

Jika fungsi ginjal terganggu, maka bisa dipastikan asam urat akan menerjang tubuh Anda.

Oleh sebab itu, jangan dibiasakan mengkonsumsi segala jenis minum-minuman yang beralkohol, meski kadar alkoholnya terbilang sedikit.

Karena sedikit ataupun banyak kadar alkohol yang terkandung didalam suatu minuman, tetap akan menjadikan kinerja ginjal menjadi lebih berat dari biasanya.

Dan jika hal tersebut Anda biarkan, lama-kelamaan akan menggangu fungsi ginjal Anda. Jadi sayangi ginjal Anda dengan tidak mengkonsumsi minum-minuman beralkohol.

Obat-Obatan Tertentu Yang Memicu Peningkatan Kadar Asam Urat

penyebab asam urat

Image via https://www.pexels.com

Ada jenis-jenis obat tertentu yang secara tidak langsung memiliki efek samping meningkatkan kadar asam urat didalam tubuh kita.

Jadi sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi sebuah obat, terutama jika Anda diharuskan mengkonsumsi obat tersebut dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Jika memungkinkan, mintalah obat pengganti yang memiliki fungsi sama, namun tidak memberikan efek samping yang bisa meningkatkan kadar asam urat didalam tubuh.

Beberapa obat yang kami maksud itu antara lain adalah:

  1. Obat untuk penyakit kanker seperti: Bleomycin, Vinblastine, Etoposide, Arabinoside, Cytosine, Cisplatin, Busulfan
  2. Obat Hipertensi seperti: Prasozin hidroklorosida, Doxasozin mesylate, Terazosin hydrochloride
  3. Obat anti Tuberculosis seperti: Etionamid, Tiasetazon, Kanamisin, Ethambutol, Streptomisin, Pirazinamid, Rifampisin, Isoniazid
  4. Obat-obatan yang bersifat analgesic seperti: Aspirin, Ibuprofen, Paracetamol, Indomethacin
  5. Obat-obatan yang bersifat diuretic seperti: Tiazid, Teofilin, Furosemid, Spironolactone, Asetazolamid, Bumetadine
  6. Obat-obatan yang mengandung atau berbahan dasar alkohol
  7. Obat-obatan yang mengandung Vitamin B12, Vitamin B3, dan Vitamin C dosis tinggi.

Penyakit Tertentu Yang Memicu Meningkatnya Kadar Asam Urat

Terkadang Anda tidak menyadari bahwa penyakit yang Anda alami sekarang, ternyata bisa memicu terjadinya penyakit lain seperti asam urat.

Biasanya Anda hanya fokus kepada proses penyembuhan penyakit utama, tanpa memperhatikan kemungkinan munculnya penyakit lain yang bisa menyertainya.

Jadi, akan lebih baik jika Anda menambah wawasan mengenai penyakit yang Anda alami, sehingga Anda bisa mengetahui, kemungkinan-kemungkinan lain yang mungkin terjadi.

Kemudian Anda-pun bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.

Beberapa penyakit yang bisa memicu terjadinya asam urat antara lain adalah;

  • Diabetes
  • Leukimia
  • Kanker limfoma
  • Gagal ginjal
  • Gagal jantung
  • Psoriasis

Obesitas Atau Kegemukan.

Umumnya para penderita obesitas atau kegemukan memiliki pola makan yang tidak terjaga. Dan hampir sebagian besar makan-makanan yang mereka konsumsi biasanya mengandung kadar purin yang tinggi.

Oleh sebab itu, para penderita obesitas sangat rentan terserang penyakit asam urat. Ada baiknya jika Anda terus menjaga berat badan ideal Anda, agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Membiarkan Tubuh Mengalami Kelaparan

Jangan dibiasakan untuk menahan lapar. Karena pada saat kita lapar, kita akan kekurangan energi. Dan pada saat kekurangan energi, maka tubuh akan mengambilnya dari cadangan lemak kita.

Kemudian tubuh akan membakar lemak untuk dihasilkan menjadi energi. Proses pembakaran lemak ini akan menghasilkan zat yang bernama zat keton, dan zat keton inilah yang bisa menghambat proses pembuangan asam urat didalam tubuh.

Efeknya, asam urat menjadi menumpuk dan menjadi kristal asam urat karena daya buang tubuh menjadi menurun secara signifikan.

Bertambahnya Usia Kita

penyebab asam urat

Image via https://www.pexels.com

Mungkin inilah salah satu penyebab asam urat yang agak sulit kita hindari , yaitu bertambahnya umur atau usia kita secara alami.

Seperti yang kita ketahui, kadar asam urat didalam tubuh kita akan meningkat secara alami seiring dengan semakin bertambahnya umur atau usia kita.

Solusi satu-satunya untuk menghindari asam urat saat kita lanjut usia adalah dengan mengontrol pola makan kita, dan biasakan menjalani pola hidup sehat.

Menjauhi alkohol, tidak merokok, teratur berolahraga, dan melakukan diet purin serta mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi seimbang merupakan langkah tepat untuk mengontrol kadar asam urat di usia senja.

Demikian ulasan kali ini yang membahas secara lebih mendalam mengenai apa saja yang menjadi penyebab asam urat.

Harapannya, setelah Anda membaca artikel ini, Anda lebih bisa berhati-hati didalam menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat.

Jika masih ada yang mau ditanyakan, atau mau berkonsultasi mengenai berbagai penyebab asam urat lainya, Anda bisa menuliskan komentar Anda melalui form komentar dibawah artikel ini.

Karena kami senang berdiskusi dan juga senang jika bisa membantu memecahkan permasalahan Anda.

Salam sukses dan sehat selalu untuk Anda dan keluarga dirumah 🙂

Pranala Luar:

Update Terakhir: 05 April 2017

 

No Responses

Join The Discussion